Sabtu, 10 Oktober 2015

VITAMIN A UNTUK ANAK KITA

Narasumber: Elly Risman, Psi
(Direktur dan Psikolog Yayasan Kita dan Buah Hati)
Tantangan zaman yang luar biasa berat bagi anak-anak kita saat ini membutuhkan Vitamin A (Ayah) yang memiliki peranan sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak .Ayah Engkaulah nahkoda, penentu Garis Besar Haluan Keluarga, engkau yang menentukan kemana keluarga kita akan kau bawa
Engkau bukan hanya pencari rizki yang penuh berkat, yang menyediakan makanan lezat dan pakaian yang hangat, serta  rumah dan isinya yang tak mudah berkarat, bagi kami kau adalah pembimbing anak & istri yang hebat.Ayah.. Engkau adalah pembuat kebijakan dan peraturan, engkau pula yang menentukan standar keberhasilan. Ayah..

Engkau senantiasa melakukan pemantauan dan perawatan terhadap kami dan harta benda yang kau titipkan. Ayah..Luangkan waktumu lebih banyak lagi ya. Obrolan sederhana yang kau bangun dengan anak kita, membuat ia menjadi anak yang:Tumbuh menjadi orang dewasa yang suka menghibur  Punya harga diri yang tinggi ¸Prestasi akademis di atas rata-rata, dan ¸Lebih pandai bergaul

Ayah lain yang kurang ngobrol dan bercengkrama dengan anak, ternyata menyebabkan anak perempuannya: Cenderung mudah jatuh cinta dan mencari penerimaan dari laki-laki lain kali lebih mungkin memiliki anak diluar pernikahan. Cenderung suka lelaki yang jauh lebih tua, dan Cenderung lebih mudah bercerai

Ternyata hal ini berlaku pada anak perempuan dari latar belakang sosial ekonomi apapun. Sedangkan anak laki-laki yang jarang diajak ngobrol oleh ayahnya, ¦Lebih beresiko terlibat pornografi, narkoba, dan tindak kriminal Cenderung lebih cepat puber di usia yang lebih muda Cenderung join a gang, dan Cenderung menemui kesulitan mendapatkan atau mempertahankan pekerjaan di masa dewasa Ciri anak yang kekurangan vitamin A adalah lebih rentan terhadap peerĂ­ Ayah Ingat yuk peran kita sebagai orangtua; anak itu AMANAH; kita mendapatkan tugas dari Allah untuk mengasuh dan membesarkan anak dengan baik dan benar. Sebab itu butuh perjuangan (pikir, rasa, jiwa, tenaga, waktu dan biaya).

Ayah Yuk pimpin keluarga dengan membuat Visi Pengasuhan bersama Ibu. Visi membuat Ayah dan Ibu lebih mudah mengayuh bahtera keluarga bersama-sama. Keluarga Nabi Ibrahim (QS. Ibrahim: 35-37) mempunyai misi:  Penyelamatan aqidah,  Pembiasaan ibadah,  Pembentukan akhakul karimah dan  Pengajaran lifeskill (entrepreneur). Sedangkan Visi Keluarga Imran (QS. Ali Imran: 35), yakni menciptakan hamba Allah yang taat. Ayah Mari kita terus perbaiki pola pengasuhan selama ini. Anak kita perlu mendapat validasi dari kita agar ia tidak perlu mencari dari orang lain. Ia membutuhkan 3P:  Penerimaan, Penghargaan, dan Pujian.


Ayah..Mari kita bedakan pola pengasuhan anak laki-laki dan perempuan kita, sebab:Otak mereka berbeda Tugas dan tanggung jawab mereka kelak dewasa juga berbeda Sehingga, tujuan pengasuhannya pun berbeda. Anak laki-laki kita kelak mengemban tanggungjawab yang lebih besar daripada anak perempuan kita. Selain menjadi hamba yang bertakwa dan berperan di masyarakat, anak laki-laki kita kelak akan menadi pendidik dan pengayom keluarga.
Ayah Penting sekali vitamin A bagi anak; bukan hanya meluangkan  waktu lebih  tapi kuantitas dan kualitas berjalan seimbang. Tidak hanya terlibat secara fisik, tapi melakukan authoritative parenting (kasih sayang tinggi tuntutan tinggi, yakni orangtua memberikan dorongan, dukungan, perhatian dan menawarkan perhatian tanpa kekerasan)

Ayah Biasakan tanya perasaan anak kita setiap hari ya, itu berarti kau sedang membangun kekuatan emosi dan kedekatan batin dengan mereka. Ingat PERASAAN ya Biarkan dirimu menjadi tempat curhat anak-anakmu, tempat mereka meluapkan perasaannya. Kalian bisa ngobrol tentang apaaaa saja, tentang hal-hal yang pribadi, tentang hal yang menyenangkan, tentang kesulitan yang dialami, tentang hal yang yang dianggap tabu dan menjadi tantangan anak zaman sekarang.


Ayah Berikan fondasi bagi anak-anakmu agar kelak mereka kuat dan mampu berdiri sendiri dengan arif dan disayangi banyak orang.Ayah..peranmu tak tergantikan untuk membantu Ibu membesarkan anak yang sehat dan bahagia, yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan kestabilan Negara.Pesan Rasul tercinta, manusia yang baik adalah mereka yang  paling baik kepada KELUARGAnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar