Minggu, 20 Mei 2012

PEGUSAHA SHOLEH YANG PERLU DITIRU DAN DITELADANI

Sandiaga Uno mungkin adalah sosok pria yang digandrungi banyak kaum perempuan. Ia muda, very handsome, kaya raya & rendah hati. Sosok Sandi cukup  fenomena dalam jagat bisnis di tanah air..Dalam usianya yang masih terbilang muda 42 thn,  dinobatkan oleh majalah internasional Forbes, sebagai orang kaya nomer 29 di Indonesia. Total kekayaan pribadinya sekitar Rp 800 milyar !

Melalui perusahaannya yang bergerak di bidang investasi yakni Saratoga Capital, anak Mien Uno ini telah meneguhkan dirinya sbg anak muda cemerlang dengan visi bisnis yang luar biasa.Sejatinya, yang juga membuat banyak orang tertegun adalah : sikap rendah hati dan kehidupan religius Sandi yang amat kental. Ia dikenal sebagai pria yang melakoni ritual puasa sunah Daud (sehari puasa sehari tidak, sepanjang tahun). Orang yang kaya raya ini ternyata begitu akrab dengan dunia ukhrowi (dunia akhirat). ....Subhanallah.

Ia juga tak pernah berhenti sholat sunnah Dhuha setiap pagi. Dalam sebuah perbincangan informal,  Sandi memberikan pengakuan seperti ini :

“Jadi begini, ibadah itu kalo sudah rutin kita lakukan bukan lagi menjadi sebuah kewajiban tapi menjadi sebuah kebutuhan. Jadi kalo aku gak sholat dhuha sekali aja, ...tiba-tiba ada sesuatu yang hilang, aneh rasanya ! Walaupun itu sunnah jadi terasa wajib. Dan aku ngerasain sekali hikmahnya, sudah 7-8 tahun ini rutin aku lakukan, rejeki itu seperti gak aku cari, semua datang sendiri seperti dianter rezeki itu kpd saya.”

Kalau kalimat diatas diucapkan seorang  Ustadz, kita biasa mendengarnya. Namun kalau yang bilang adalah anak muda dgn kekayaan kekayaan 800 milyar ??? Sungguh harusnya membuat kita ingin melihat diri kita sendiri dlm cermin yg besar... Lalu menitikkan air mata krn sedih, begitu jauh beda kita dgn Sandi Uno ? ....astagfirullah, berilah kami petunjuk & hidayah Mu ya Robbana..

Semoga bermanfaat.

Selasa, 08 Mei 2012

BERBAGI

Di sudut pasar Madinah ada seorang pengemis Yahudi buta yang setiap harinya selalu berkata kepada setiap orang yang mendekatinya, Wahai saudaraku, jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya maka kalian akan dipengaruhinya.

Namun, setiap pagi Muhammad Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawakan makanan, dan tanpa berucap sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu sedangkan pengemis itu tidak mengetahui bahwa yang menyuapinya itu adalah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW melakukan hal ini setiap hari sampai beliau wafat.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu. Suatu hari sahabat terdekat Rasulullah SAW yakni Abubakar RA berkunjung ke rumah anaknya Aisyah RA yang tidak lain tidak bukan merupakan isteri Rasulullah SAW dan beliau bertanya kepada anaknya itu, Anakku, adakah kebiasaan kekasihku yang belum aku kerjakan?

Aisyah RA menjawab,Wahai ayah, engkau adalah seorang ahli sunnah dan hampir tidak ada satu kebiasaannya pun yang belum ayah lakukan kecuali satu saja.Apakah Itu?, tanya Abubakar RA. Setiap pagi Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada disana, kata Aisyah RA.

Keesokan harinya Abubakar RA pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikan kepada pengemis itu. Abubakar RA mendatangi pengemis itu lalu memberikan makanan itu kepadanya.Ketika Abubakar RA mulai menyuapinya, sipengemis marah sambil menghardik, Siapakah kamu?Abubakar RA menjawab,Aku orang yang biasa (mendatangi engkau).Bukan! Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku, bantah si pengemis buta itu.Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah.

Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut, setelah itu ia berikan padaku, pengemis itu melanjutkan perkataannya.
Abubakar RA tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu,Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW.Seketika itu juga pengemis itu pun menangis mendengar penjelasan Abubakar RA, dan kemudian berkata,

Benarkah demikian? Selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, ia tidak pernah memarahiku sedikitpun, ia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi, ia begitu mulia....Pengemis Yahudi buta tersebut akhirnya bersyahadat di hadapan Abubakar RA saat itu juga dan sejak hari itu menjadi muslim.

Nah, wahai saudaraku, bisakah kita meneladani kemuliaan akhlaq Rasulullah SAW?Atau adakah setidaknya niatan untuk meneladani beliau?Beliau adalah ahsanul akhlaq, semulia-mulia akhlaq.Kalaupun tidak bisa kita meneladani beliau seratus persen, alangkah baiknya kita berusaha meneladani sedikit demi sedikit, kita mulai dari apa yang kita sanggup melakukannya.

Sadaqah Jariah salah satu dari nya mudah dilakukan, pahalanya?MasyaAllah.. ..macam meter taxi...jalan terus.Sadaqah Jariah - Kebajikan yang tak berakhir.

1. Berikan al-Quran pada seseorang, dan setiap dibaca, Anda mendapatkan hasanah.

2. Sumbangkan kursi roda ke RS dan setiap orang sakit menggunakannya, Anda dapat hasanah.

4. Bantu pendidikan seorang anak.

5. Ajarkan seseorang sebuah do'a. Pada setiap bacaan do'a itu, Anda dapat hasanah.

6. Bagi CD Quran atau Do'a.

7. Terlibat dalam pembangunan sebuah mesjid.

8. Tempatkan pendingin air di tempat umum.

9. Tanam sebuah pohon. Setiap seseorang atau binatang berlindung dibawahnya, Anda dapat hasanah.

10. Bagikan email ini dengan orang lain. Jika seseorang menjalankan salah satu dari hal diatas, Anda dapat hasanah sampai hari Qiamat.

Minggu, 06 Mei 2012

10 HAL YANG PALING DIINGINKAN ANAK DARI ORANG TUA MEREKA

Dear Parent.... Just sharing a good article on Monday  ! :) Hope you enjoy it.... Sebagai orang tua, kebanyakan dari kita lebih memperhatikan perilaku anak, dan bukannya perilaku kita sebagai orang tua. Tentu ini sesuatu yang tak adil bagi anak. Cobalah lihat diri Anda dari sudut pandang anak. Penelitian terhadap seratus ribu ank menunjukkan, ada 10 hal yg paling diinginkan ank dr org tua mrk:
1. Tidak bertengkar di hadapan mereka. Anak selalu mencontoh tindakan orang tua. Apa jadinya jika setiap hari orang tua adu mulut di hadapan mereka?
2. Berlaku adil terhadap semua anak-anaknya. Setiap anak memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Yang mereka butuhkan bukan perlakuan yang sama, melainkan perlakuan yang adil, sesuai kebutuhan masing-masing anak.
3. Orang tua yang jujur. Orang tua yang meminta anaknya berbohong, tentu tidak sadar pada apa yang tengah dilakukannya. Sekali lagi, anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.
4. Toleran terhadap orang lain. Toleransi akan mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan.
5. Selalu menyambut teman-teman mereka dengan ramah.
6. Mau membangun semangat tim bersama mereka. Kekompakan antar-orang tua dan anak akan sangat berpengaruh saat anak beranjak dewasa.
7. Mau menjawab setiap pertanyaan mereka. Luangkan waktu untuk mereka. Jika Anda tak mampu menjawab, katakan Anda akan mencari tahu lebih dulu.
8. Mau mengajarkan disiplin, namun tidak di depan orang lain, terutama teman-teman mereka. Intinya, jagalah perasaan anak.
9. Lebih melihat sisi positif ketimbang sisi buruk mereka.
10. Konsisten. Bayangkan, apa yang dirasakan anak jika hari ini Anda menjawab A dan besok menjawab B untuk pertanyaan yang sama yang diajukan anak. "Being parents is the best job in the world"

Sabtu, 05 Mei 2012

JANGAN MEREMEHKAN ORANG LAIN

Seekor semut mungkin terlihat tidak berdaya tetapi bisa merepotkan jika masuk ke dalam telingaSebuah duri kecil tidak berbahaya, tetapi jika tertancap ke dalam daging & tidak bisa dikeluarkan pasti akan sangat menyakitkan.Begitulah dengan manusia, kita sering meremehkan orang lain berdasarkan sesuatu yang mungkin kecil & terlihat simple.
Coba bayangkan, sebuah gedung Mall yang megah, jika tidak ada Cleaning Service. Apakah kita bisa merasa nyaman ?Jika tidak ada bawahan, tidak mungkin ada atasan ? Jika tidak ada karyawan, tidak akan ada yang jadi Boss ?Jika tidak ada  karyawan, apakah perusahaan akan berkembang menjadi maju? Apakah kita bisa menjadikan perusahaan –Ćita menjadi besar? Jika tidak bisa menghargai, bagaimana mungkin bisa mendidik anak - anak & menerapkan nilai - nilai kebaikan pada diri sendiri ?
Jangan meremehkan orang. INGAT !
Sebuah Pohon besar bermula dari benih bibit yang kecil.
Tidak ada manusia yang terlahir langsung bisa berlari tanpa belajar merangkak & berdiri.

Hargai & hormati semua orang.

Tidak ada yang pantas disombongkan. Harta adalah pinjaman. Kerupawanan tidak bertahan lama. Ketenaran hanya sesaat. Kekuasaan dapat ditumbangkan & semuanya pinjaman semata- mata.

Orang lain boleh membenci kita tetapi JANGAN membalasnya.

Otak mengalahkan otot & kebijaksanaan menghapus kebodohan.

Semua semua makhluk berusaha utk mencapai kebijaksanaan dgn usahanya sendiri dan berbahagia terhadap semua akibat perbuatan baiknya.
Semoga semua makhluk berbahagia :).


Kamis, 03 Mei 2012

7 PERATURAN-PERATURAN EMAS DALAM KEHIDUPAN

Peraturan 1st :
Jangan biarkan seseorang menjadi prioritas dalam hidupmu, ketika kamu hanya menjadi pilihan untuk hidupnya, hubungan berjalan dengan baik ketika itu smua seimbang

Peraturan 2nd
Jangan menjelaskan diri pribadi kita ke orang lain, karena orang yang menyukaimu tidak perlu itu dan orang yang tidak menyukaimu tidak akan mempercayainya´

Peraturan 3rd
Ketika kamu berkata sibuk, maka kamu tidak akan bebas,
Ketika kamu berkata tidak punya waktu, maka kamu tidak akan punya waktu,
ketika kamu berkata akan melakukan perbuatan itu besok, maka hari esok tidak akan datang(jangan menunda-nunda pekerjaan)´

Peraturan 4th
Ketika kita bangun di pagi hari, kita punya 2 pilihan sederhana, kembali tidur dan bermimpi atau bangun dan mengejar mimpimu. Pilihan sepenuhnya milikmu!! ´

Peraturan 5th
Kita membuat mereka (yang peduli kepada kita) menangis
Kita menangis untuk seseorang yang tidak memperdulikan kita,
dan kita peduli kepada seseorang yang tidak pernah menangis buat kita
itulah kenyataan kehidupan, aneh tapi nyata. sekali kamu menyadarinya, semuanya belum terlambat untuk berubah

Peraturan 6th
jangan membuat janji ketika kau senang, jangan membalas kata2 ketika kau sedang sedih, jangan ambil keputusan ketika kau marah. berpikir dua kali dan bertindaklah dua kali´

Peraturan 7th
waktu seperti sungai, kamu tidak bisa menyentuh air yang sama untuk kedua kalinya, karena air yang telah mengalir akan terus berlalu dan tidak akan pernah kembali:

Selasa, 01 Mei 2012

SURAT UNTUK IBU

Ibuku sayang, aku mau cerita sama Ibu, tp ceritanya pake surat ya...khan Ibu sibuk, capek, pulang sudah malam...kalo aku banyak ngomong nanti Ibu marah kayak kemarin, aku jadi takut dan nangis.. Kalo pake surat Ibu bisa baca sambil tiduran bacanya. Bu, boleh ngga aku minta ganti mba ? Mba jum suka galak...kalo aku ngga mau makan, piringnya suka dibanting depan aku..kalo siang aku disuruh tidur, aku ngga boleh main, pdhl mba kerjanya cuma nonton TV aja... Bukannya kata Ibu mba itu untuk temenin aku main ? Aku pernah liat mba lg ngobrol saman tukang roti di teras rumah...pdhl kata Ibu ngga boleh ada tukang tukang yg msk rumah khan ? Kalo aku bilang gitu sama mba, mba marah bgt dan kalo aku ngadu ke Ibu, mba mau berhenti kerja...kalo mba berhenti kerja nanti Ibu repot ya...nanti Ibu ngga bisa kerja ya ? Nanti ngga ada yg jagain aku di rumah deh...? Mba ngga diganti jg ngga apa apa tapi Ibu bilangin ke mba jangan suka galak sama aku... Ibu, mulai tahun ini, Ulang Tahunku Ibu ngga usah beli hadiah lagi...uangnya Ibu tabungin aja...terus Ibu ngga usah beli baju mahal dan mainan mahal lagi...Uangnya Ibu tabung aja, nanti kalo tabungan Ibu udah banyak khan Ibu ngga usah kerja lagi...lagian mainanku udah banyak dan lebih asyik main sama Ibu koq..? Udah dulu ya bu, aku ngantuk..I Love You Mom...<3.

=== Kadang uang mengalahkan semuanya dgn dalih memenuhi kebutuhan hidup... Tahukah anda, saat kita pensiun atau meninggal, perusahaan memiliki ratusan, bahkan ribuan orang utk menggantikan kita... Tapi sadarkah kita, tidak ada satu pun yg bisa menggantikan kita di hati, pikiran, dan ingatan ANAK kita yg tercinta di rumah... Saat wkt sdh berlalu maka kita tdk punya kekuatan utk membalikkan wkt lg... Dimana saat Anak kita membutuhkan kita utk bermanja manja-manja...Anak adalah milik terindah yg kita punya...